Followers

SAMPRAZAAN...SAMPURASUN... WILUJENG SUMPING.......

Alat Penguji Kualitas Hara Pupuk Organik



Pupuk organik merupakan istilah yang belakangan ini sangat ramai dibicarakan oleh banyak orang khususnya bagi para petani. Pembuatan pupuk pengganti juga merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk mengatasi masalah terkait kelangkaan dan mencuatnya harga pupuk kimia. Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari
bahan organic yang berasal dari tanaman atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik, yang berasal dari limbah tumbuhan atau hewan atau produk sampingan seperti pupuk kandang atau unggas. Dengan kata lain, bahan organic merupakan hasil dari pelapukan sisa tanaman dan binatang yang bercampur dengan bahan mineral pada lapisan atas tanah.


Semakin banyaknya produsen pupuk organic maka semakin banyak pula produk yang dihasilkan di pasaran, sehingga akan membingungkan para petani dalam hal memilih kualitas kandungan hara pupuk tersebut. Solusi untuk permasalahan di atas saya mencoba membuat rangkaian alat sederhana untuk menguji kualitas hara pupuk organik tersebut. Alat tersebut diberi nama KH Tester (Konduktivitas Hara Tester).


Alat sederhana tersebut berfungsi untuk menguji konduktivitas zat elektrolit (hara) dalam pupuk organik cair atau padat . Alat ini terinspirasi ketika para petani bertanya bagaimana mengengetahui bahwa pupuk itu memiliki kualitas elektrolit (hara)  yang bagus tanpa harus melakukan uji demontrasi plot. Sesuai dengan namanya alat ini berfungsi untuk menguji daya konduktivitas hara pada pupuk dengan menghubungkan alat ini ke aliran listrik, kemudian ujung alat yang terdiri dari dua kawat besi pendeteksi (probe) di celupkan ke larutan pupuk yang akan diuji. Apabila kandungan haranya bagus , maka dapat menghantarkan listrik, sehingga lampu pijar 100 wat akan menyala.


Alat ini memang dirancang sangat sederhana sehingga para petani atau para penyuluh pertanian dapat menggunakanya dengan mudah. Dimensi alat ini juga tidak terlalu besar sehingga bisa di masukan ke dalam tas yang bisa di bawa kemanapun kita pergi.

Berikut ini poto uji coba pada larutan tanah dengan tanpa pupuk organik: 

lampu pijar 100 Wat tidak menyala, ini tandanya larutan elektrolit hara pada larutan tanah rendah sehingga tidak bisa menghantarkan listrik.

berikut ini poto uji coba pada larutan tanah yang di tambahkan pupuk organik cair:
Lampu pijar menyala terang, ini mengindikasikan bahwa kualitas pupuk bagus sehingga dapat menghantarkan arus listrik.
Cara membuat alat ini bisa diliah disini

Leave a Reply

Powered by Blogger.

About