Followers

SAMPRAZAAN...SAMPURASUN... WILUJENG SUMPING.......

Cerita Kecil Dari Saung Mungil



Senin ini seperti biasa muter-muter ke kelompok tani, disamping silaturahmi juga memantau keadaan hamparan pesawahan garapan para petani, mudah-mudahan dapat ide atau bahan untuk di diskusikan.

Dari jauh terlihat hamparan sawah yang di tumbuhi rumput-rumput, ada juga yang ditanami padi yang sebentar lagi siap dipanen.
Sampai di hamparan tengah sawah saya langsung menuju ke saung pertemuan petani, terlihat disana ada ibu istrinya ketua kelompok sedang makan. 


Assalamualaikum.... saya menyapa....
Waalaikum salam....
Si ibu menjawab sambil beranjak... mangga pa calik (silahkan duduk) katanya..... ka bumi heula teu pa? (ke rumah dulu ga pa?) Tanya nya.. henteu bu,langsung kadieu.... (engga bu,, langsung ke sini) ,,

Paaaa..... ieu aya pa PPL....dia memanggil suaminya yang sedang asik ngobrol dengan petani lain di tengah –tengah rumpun pohon timun..

Pa Haji Endang Muhtar namanya, dia bergegas menghampiri.... assalamualaikum...waalaikum salam... kumaha damang pa? Saya menyapa,, alhamdulillah sae katanya...

Belum kita duduk di bangku saung, pa haji langsung berkata... (bahasa di translet langsung ke bahasa indonesia) pa ini saya belajar nanam padi sedikit, nanamnya di “anco”.... waaahhh itu petani lain pada ketawa, pada komentar masa ketua kelompok nanamnya begitu? Mereka menyindir.. pa haji bercerita sambil mengajak saya ke petakan sawah padi nya.


padi varietas sintanur dengan cara tanam TABELA

Di anco bagaimana pa haji? Saya bertanya..
Pa haji menjawab,,, begini pa, kemarin itu ada benih sisa Cuma sedikit,,, terus saya coba-coba daripada lahan kosong saya tanam  saja langsung ga pake di semai dulu....

Oooohhhh,,, begitu, itu namanya TABELA pa kalau di pertanian istilahnya itu,,,
TABELA itu apa pa?.... tabela itu TANAM BENIH LANGSUNG....memang itu teknologi sudah banyak petani kita yang melaksanakan..... itu banyak kelebihannya dibanding tanam semai dulu. Diantaranya :


1.     Benih tumbuh dengan sehat dan cepat, karena ditak mengalami stres dulu yang diakibatkan peroses pencabutan pada saat pindah tanam dari persemaian ke petakan sawah.
2.     Menghindari infeksi pada akar, karena luka saat pencabutan.
3.     Umur padi lebih pendek, dan daya tumbuh akan lebih cepat.
4.     Mengurangi biaya tenaga kerja.


Ooooh begitu ya pa... pantesan pa kemarin nanam itu lebih lambat 14 hari dari yang itu, sambil menunjuk ke petakan yang lain.... tapi sekarang keadaan tanamannya sama dengan yang itu. Dia sambil sedikit merenung mungkin ada sesuatu yang dipikirkan.

 ini poto padi yang nanamnya 14 hari lebih dulu

Sekarang begini pa haji,,, apa perbedaan yang pa haji rasakan antara tanam yang biasa dengan tanam langsung ini?....

Perbedaanya ya itu tadi pa... umurnya cepat, pohonya sehat, anakannya lebih banyak bahkan si ibu sampai melakukan penjarangan dari satu rumpun itu,, di ambil sebagian di pindahkan lagi, soalnya terlalu besar sampai sebesar betis,,,,,,(sambil mengangkat betisnya)
Hehehheh.... saya ga kuat ketawa-ketawa...

Tuuuhhh...banyak keuntungannya ya pa haji..... berarti nanti musim kedua kita coba demplot nanam tabela,,, jangan banyak-banyak dulu,,yang penting kita tau ilmunya dulu,,kalau sudah mahir baru kita tanam sekala besar…

Tiba-tiba pa haji teriak-teriak …. Teeeeee….teeeee….kesini dulu….ini ada pa PPL….
Ternyata pa haji manggil pa RT yang kebetulan sedang lewat pulang dari sawahnya,,,,
Mangga calik kata saya…..

Begini pa RT kata Pa PPL untuk nanam musim ini kita pake sistem jajar legowo 2:1, maksimal legowo 4:1 … tinggal kita pilih, dan mau petakan yang mana…??? Pa haji berkata pada pa RT…..
Pa RT menjawab, yang mana aja pa haji,, tapi menurut sayamah mending legowo 4:1 aja sebab para penanam masih bingung kalau legowo 2:1 mah…

Pa haji lantas berbicara lagi, tapi menurut pa PPL lebih besar peningkatan hasilnya yang legowo 2:1, sampai 30%. Kalau yang legowo 4:1 Cuma 20 %.. gimana ya pa PPL? Mening legowo 4:1 aja dulu ya? Nanti musim depan kita coba yang legowo 2:1,,, sayamah masih belum sangup….aga khawatir takut gagal...

Saya: heheh… iya gak apa-apa pa haji, kalau mau legowo 4:1 ya itu aja dulu, nanti baru kita coba yang legowo 2:1, nanti juga terbiasa….atau kita coba setengah-setengah antara 4:1 dengan 2:1 ......

Iya mending gitu aja pa,,,pa haji keliatan girang….

Kembali lagi ke masalah TABELA ya pa haji,,, saya mengalihkan lagi pembicaraan….
Ada kelompok tani binaanya teman saya di desa karangwangi ciranjang yang sudah terbiasa nanam padi tabela, bahkan dia sudah bisa membuat alatnya, sehingga tidak usah cape-cape nanam manual, tinggal tarik saja, nanti benihnya jatuh sendiri…

Kalau mau nanti pa haji saya ajak ke sana sekalian studi banding, nambah ilmu juga saudara…

Iya pa boleh nanti saya ikut….. ujar nya…

Ya gitu aja pa haji, bu haji, pa RT,,, saya pamit dulu.. masih ada lokasi yang lain yang ingin saya kunjungi… lalu saya pamit .. assalamualaikum…..

Waalaikum salam.. mereka menjawab….

Begitulah kira-kira obrolan kami ber empat....sebetulnya banyak hal yang di bicarakan, cuma sebagian tidak saya tuangkan karena terlalu panjang.....

Ini poto alatnya untuk nanam padi tabela yang ada di kelompok tani binaanya bu rina..


Ini nanam padi tabela tanpa alat alias manual

Leave a Reply

Powered by Blogger.

About